Thursday, August 20, 2015

motor jadul unik


Sudah banyak motor keluaran baru yang memiliki teknologi canggih dalam mesinnya. Teknologi injeksi merupakan salah satu loncatan terbesar bagi industri sepeda motor di tanah air. Jika kita menengok kembali ke beberapa dekade lalu, pastilah kita masih teringat teknologi-teknologi motor jaman dulu (jadul) yang sudah sangat keren di jamannya. Jika dibandingkan dengan jaman sekarang ini tentulah dari segi efisiensi dan teknologi yang digunakan sudah sangat jauh berbeda.

Dari segi desain juga sudah berubah 180 derajat. Motor jaman dahulu memiliki garis desain yang sederhana dan serbab membulat. Berbeda dengan desain sepeda motor jaman sekarang ini yang memiliki desain body cenderung tajam dan lebih aerodinamis. Kali ini kami ingin mengajak anda untuk bernostalgia mengenang beberapa motor jaman dulu yang sempat menjadi tren dan sampai sekarang kiprahnya menjadi legenda tersendiri di kancah industri motor di Indonesia. Sambil mengenang masa-masa lalu bersama motor jadul kesayangan, mari kita simak beberapa line-up motor legendaris yang sampai sekarang ini masih menjadi tren dikalangan masyarakat luas.


          1. Honda CB Series


Siapa yang tidak mengenal motor tua besutan Honda ini. Motor klasik yang memiliki desain khas ini sangat digemari oleh banyak kalangan terutama anak muda. Ada yang merestorasinya hingga ke bentuk asli, namun ada juga yang membuatnya menjadi memiliki bentuk lain. Selain itu, modifikasi menggunakan basis motor ini sudah sangat jamak. Tidak heran jika harga jual motor ini saja sudah melambung cukup tinggi. Ditambah lagi kelangkaan unit yang membuatnya menjadi most wanted item yang diburu oleh kolektor.

Motor Jadul CB

Di jamannya, motor legendaris ini tergolong sangat canggih dibandingkan dengan motor-motor sekelas di jamannya. Sekarang ini banyak kreatifitas modifikasi yang dilakukan terhadap motor ini, mulai dari mengubahnya menjadi CB Monster (CB yang mengalami ubahan mesin), bahkan ada yang menambahkan selongsong silinder di mesin motor CB ini. Ide gila ini berhasil membuat motor tua ini memiliki jantung baru yang membuatnya kuat untuk diajak touring bahkan untuk balap. Bayangkan saja mesin CB dua atau bahkan tiga silinder ini dipacu di lintasan balap, pastilah akan menjadi motor klasik paling kencang di jajaran motor terbaru.

       2. Yamaha RX King


Lain lagi dengan motor legenda yang satu ini. Banyak orang mengatakan bahwa motor ini identik dengan motor penjambret atau begal. Hal ini dikarenakan banyak film-film yang menayangkan aksi penjambretan menggunakan motor ini. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa tenaga mesin motor ini sangat luar biasa, sehingga mampu melesat jauh lebih cepat dibandingkan motor-motor lain sekelasnya.

Motor Jadul RX King

Meskipun motor ini sudah discontinued, namun masih banyak kalangan speedlovers yang mendambakan performa jambakan maut dari motor RX King ini. Tidak heran harga jual motor ini masih sangat tinggi untuk golongan motor tua. Masih terdapat segmen tersendiri yang menggemari spesifikasi dan juga performa motor ini. Tentunya jika motor ini memiliki kondisi yang masih sangat terawat, pastilah harga Rp 15 juta masih ada orang yang mau membeli motor legendaris ini.

      3. Honda C70 (Ulung)

Lain dengan kedua motor sebelumnya yang bergenre sport, motor Honda C70 ini memiliki genre cub atau sering dikenal dengan bebek. Meksipun motor ini sudah jadul, namun di jamnnya inilah motor bebek pertama yang masuk indonesia dengan menggunakan fitur electric starter. Ketika motor lain masih menggunakan teknik konvensional untuk menyalakan motor, Honda C70 sudah memiliki fitur yang tergolong paling canggih di jamannya.

Motor Jadul Honda C70

Motor ini banyak dimodifikasi menggunakan model street cub. Namun banyak juga yang membuatnya seperti pada jamannya dahulu dengan merestorasi ke kondisi asli motor ini. Di segi mesin, motor ini memang hanya dibekali mesin yang mungil, hanya sebesar 70 cc saja. Oleh karenanya banyak orang yang sudah mengubah spesifikasi mesin motor Honda C70 ini dengan mesin yang lebih besar seperti milik Honda Astrea, Honda Supra bahkan ada juga yang menjejalkan mesin Suzuki Satria FU di bagian depan motor ini.

          4. Vespa

Masih ingat dengan Vespa? Ya, kendaraan bermotor satu ini memang sangat bersejarah. Banyak penggemar setia Vespa memiliki kisah menarik sendiri dengan sepeda motor milik mereka sendiri. Motor ini terkenal dengan bentuknya yang unik. Bisa dikatakan bahwa bentuk dan desain Vespa ini merupakan cikal bakal kendaraan Automatic yang sekarang banyak beredar di jalanan. Bedanya, Vespa ini masih menggunakan kopling seperti motor sport kebanyakan sebagai penerus daya di motor ini. Dengan desainnya yang unik, tidak heran banyak menyukai motor ini untuk sekedar dikoleksi. Bahkan kalangan anak muda banyak juga yang memodifikasinya hingga tergolong ke modifikasi ekstrim.

Motor Jadul Vespa PX

Vespa yang banyak beredar di jalanan ini terkenal dengan mesinnya yang sangat kuat. Meskipun sudah sangat tua, namun motor ini terbukti masih mampu menempuh jalan yang sangat jauh. Buktinya banyak diadakan jambore komunitas Vespa di Indonesia. Banyak juga pesertanya yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini memang memberikan image bahwa pengguna Vespa sangat banyak dan juga memiliki jaringan persaudaraan yang sangat kental. Tidak heran eksistensi Vespa sampai sekarang ini masih sangat banyak penggemar setianya.

       5. Honda Astra 90Z (Benly)

Banyak yang bilang motor ini identik dengan motor milik bapak camat. Hal ini dikarenakan dengan modelnya yang ramping dan unik. Meskipun motor ini tergolong kepada motor Sport, namun karena mesinnya yang kecil dan memiliki konfigurasi rebah seperti motor bebek, oleh karenanya motor ini banyak digunakan oleh orang kantoran karena praktis dan ringkas. Meskipun begitu, sekarang ini motor ini mulai populer dikarenakan adanya tren neo-klasik yang membangun motor klasik dan diberikan sedikit sentuhan modern tanpa merusak wujud asli motor tersebut.

benly Motor Jadul

Memodifikasi motor benly ini juga sangat mudah dan murah. Hal ini dikarenakan oleh spare part alternatifnya yang dapat ditukar guling menggunakan spare part motor bebek. Mesinnya yang hanya 90 cc membuat pemilik motor ini banyak yang mengoprek mesinnya sehingga dapat memproduksi tenaga yang lebih besar lagi. Untuk motor ini, biasanya banyak yang memodifikasinya menggunakan model cafe racer. Hal ini dikarenakan oleh dimensinya yang kecil dan ramping sehingga sangat cocok jika dimodifikasi menggunakan model cafe racer tersebut.

Itulah kelima motor jadul yang memiliki cerita tersendiri di kancah industri otomotif di Indonesia. Bagi anda yang memiliki salah satu dari motor ini ada baiknya anda merawat motor-motor ini dengan baik dikarenakan kemungkinan besar motor-motor ini dapat menjadi salah satu investasi anda yang paling berharga di masa depan kelak.

No comments: